Silaturahmi Apkasi Telurkan Beberapa Nota Kerjasama

Jakarta - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo hadir langsung dalam acara silaturahmi Apkasi yang digelar dalam rangka Idul Fitri yang diselenggarakan pada 31 Juli 2015 di Kantor Sekretariat Apkasi. Hadir juga Ketua Umum Apkasi Mardani H. Maming, Ketua Dewan Pembina Apkasi, Isran Noor, Dewan Penasehat Khusus Apkasi, Ryaas Rasyid, anggota DPR RI yang juga Dewan Pakar Apkasi, Budiman Sudjatmiko dan Bachtiar Ali, Dewan Pakar Apkasi Hubungan Internasional, Dino Patti Djalal, serta beberapa anggota DPR RI dan DPD RI. Sedangkan anggota Apkasi yang hadir sekitar 174 bupati dan beberapa wakil bupati.

Setelah jamuan makan siang selesai dan Mendagri memasuki ruangan, acara pun dimulai. Ketua Umum Apkasi menyampaikan sambutan dan mengucapkan terima kasihnya atas kehadiran Mendagri dan undangan yang lain, termasuk para bupati. Dalam sambutannya, Mardani berharap acara-acara seperti ini rutin dilaksanakan. Melihat animo kehadiran para bupati, Mardani juga menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan peran Apkasi di masa mendatang.

Isran Noor, Ketua Dewan Pembina Apkasi, juga menyampaikan sepatah dua kata. Isran menekankan perlunya koordinasi dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, termasuk antar pemerintah daerah. Sebelum sambutan dari Mendagri, acara diselingi penandatanganan MoU Apkasi dengan beberapa lembaga.

Disaksikan langsung Mendagri dan jajaran Dewan Pengurus Apkasi serta para bupati, Apkasi melaksanakan penandatangan nota kerjasama MoU dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). Bentuk kerjasama Apkasi dengan Apdesi adalah sosialisasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. H. Suhardi MY, selaku Ketua Umum Apdesi, turut hadir dalam penandatanganan nota kerjasama.

Apkasi juga merintis kerjasama dengan Sampoerna Foundation yaitu kesepakatan bersama penyelenggaraan Sampoerna School System untuk menciptakan pemimpin dan pengusaha handal, moralitas tinggi dan mampu memenuhi tantangan global. Apkasi juga menandatangani nota kerjasama dengan CitiAsia Consulting dalam rangka menciptakan Smart City dan Smart Region di daerah.

Ketua Umum Apkasi juga menandatangai nota kesepahaman kerjasama dengan PT. U Connectivity Services (UCS) dalam bidang promosi potensi daerah. Apkasi dan UCS akan bekerjasama dalam pembuatan TV Streaming Apkasi, yang content-nya akan mengedepankan publikasi berbagai bidang, khususnya anggota Apkasi yaitu pemerintah Kabupaten. Apkasi juga bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) dalam hal peningkatan kapasitas guru-guru di daerah. Masih di bidang pendidikan, Apkasi juga bekerjasama dengan Global Sevilla dalam bidang peningkatan pendidikan di daerah.

"Pendidikan sangat penting bagi daerah. Untuk itu, Apkasi telah menggagas beberapa program, temasuk bekerjasama dengan beberapa lembaga untuk meningkatkan pendidikan. Nah, kesempatan ini Apkasi manfaatkan untuk penandatanganan MoU dan nota kerjasama. Salah satunya dengan Sampoerna Foundation untuk pengembangan pendidikan yang berkualitas di daerah," jelas Ketua Umum Apkasi.

Source: apkasi.org

Published › 2015-07-31