Smart Region di Kabupaten, Apkasi Gandeng Citiasia Consulting

Jakarta - Komitmen Apkasi untuk terlibat langsung dalam pengembangan dan pembangunan berbagai bidang di daerah kabupaten, mulai terbukti. Baru-baru ini, Apkasi berencana akan menjalin kerjasama dengan CitiAsia Consulting, perusahaan konsultan yang concern pada peningkatan pelayanan, peningkatan kinerja, pengembangan teknologi, termasuk pengembangan pengetahuan.

"Bentuk kerjasama kemitraan ini, diharapkan akan membawa berbagai inovasi ke daerah. Salah satunya penggunaan teknologi moderen untuk manajemen pemerintahan, termasuk layanan publik," jelas Sekretaris Jenderal Apkasi, Prof. Nurdin Abdullah.

Pada pembahasan awal, kata Nurdin, Apkasi dan CitiAsia akan membuat program Smart Region, bagian dari program Smartnation, yang akan dilaksanakan secara nasional. Pemerintah kabupaten, tegasnya, diharapkan mulai mengenal dan terbiasa dengan model-model smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment.

Menurut Nurdin yang juga Bupati Banteng, Sulawesi Selatan, model-model ini akan mensejajarkan daerah kabupaten di Indonesia dengan daerah-daerah di negara-negara maju, khususnya dalam manajemen pemerintahan dan layanan publik yang cerdas. "Perusahaan konsultan ini, akan memberikan masukan kepada pemerintah kabupaten dalam membuat peraturan-peraturan, kebijakan, termasuk bagaimana menjaga lingkungan. sehingga bisa berkesinambungan sampai anak-cucu kita nanti, termasuk bagaimana membangun perekonomian yang baik bagi masyarakat. Saya pikir kerjasama ini menjanjikan," jelas Nurdin Abdullah, sesaat setelah mengadakan rapat dengan pihak CitiAsia Consulting.

Bupati Bantaeng ini juga menambahkan, program Smart Region akan menggunakan beberapa e-aplikasi. Menurutnya, kolaborasi konsultan dengan penerapan teknologi yang ditawarkan CitiAsia, sangat dibutuhkan daerah kabupaten.

"Inilah bagusnya otonomi daerah. Kemajuan daerah tergantung pemimpinnya. Nah, pemimpin daerah bisa berkreasi, berinovasi dan termasuk dalam penggunaan teknologi dalam memperlancar kinerja pemerintahan. Inilah mengapa Apkasi berencana bekerjasama dengan CitiAsia, mereka menawarkan teknologi, sekaligus sebagai konsultan," tambahnya.

Untuk tahap awal, kerjasama Apkasi dengan CitiAsia Consulting akan mendapat beberapa respon baik dari pemerintah kabupaten. Bahkan, sebagai bentuk komitmen Apkasi dan CitiAsia, keduanya akan menggelar kompetisi CitiAsia Smart Region Award, pada 25 September 2015. Sebagai hadiah, 20 pemenang dari daerah akan dikirim ke Oxford University untuk training dan workshop dalam rangka peningkatan kapasitas menjalankan program Smart Region.

"Ini kerjasama yang sangat strategis bagi seluruh anggota Apkasi. Kita tahu, daerah butuh terobosan seperti ini. Kita terlalu lama berpikir konvensional. Harapan kami, kerjasama Apkasi dengan CitiAsia ini akan mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten. Akan banyak pelajaran yang bisa didapatkan dari kerjasama ini. Untuk Implementasi program CitiAsia Smart Region, bisa berjalan dalam satu bulan. Jadi, kompetisi bisa dilangsungkan pada September jika Juli atau Agustus sudah berjalan," papar utusan CitiAsia Consulting.

SMS CENTER APKASI

Sementara itu pada saat yang sama, Direktur Eksekutif Apkasi, Mercy Luvina Deswanty, mengungkapkan, bahwa informasi tentang rencana kerjasama ini mendapat respon positif dari beberapa kabupaten. Untuk tahap awal saja, beberapa pemerintah kabupaten sudah menyatakan kesediaannya ikut program ini.

"Harapan kami, tahap awal ini menjadi row model dan dari sini kita akan melihat bagaimana program ini berjalan di daerah. Apkasi tentu akan memonitor perkembangannya di daerah, termasuk berkoordinasi dengan para bupati," jelas Mercy.

Dalam waktu dekat, sambung Mercy, Apkasi akan mengundang 81 pemerintah kabupaten yang menyatakan tertarik ikut program ini ke Kantor Sekertariat Apkasi, untuk sosialiasi. Apkasi dan CitiAsia, katanya lagi, juga akan terus secara intens bertemu pemerintah kabupaten, karena animo dan rasa ingin tahu daerah terhadap sousi yang ditawarkan Apkasi ini tergolong tinggi.

"Kerjasama Apkasi dengan CitiAsia Consulting ini akan berlangsung intens. Apkasi tentu ingin program ini berhasil. Salah satu bentuk keseriusan Apkasi, kami akan menyediakan satu ruangan bagi CitiAsia di Kantor Apkasi. Sehingga, setiap ada utusan dari daerah, bisa langsung mereka terima di kantor Apkasi," tambah Mercy.

Dalam waktu dekat, kata Mercy lagi, Apkasi juga akan bekerjasama dengan CitiAsia untuk membangun program SMS Center Apkasi. Sedangkan untuk menjalankan berbagai program Smart Region, CitiAsia berjanji akan menggandeng beberapa pihak untuk pelaksanaan program PPP (Public Private Partnership). Sebenarnya, Smart Region sudah diterapkan di Kota Bandung yaitu Comment Center dan Kota Bogor, juga Comment Center dan CCTV, termasuk beberapa pihak swasta.

Source: apkasi.org

Published › 2015-06-19